Indonesian English
Home » Seputar Kejuaraan
Senin, 26 Agustus 2019

Kejurnas Shorinji Kempo Piala Kapolri 2019

LATAR BELAKANG

Shorinji Kempo merupakan seni olahraga beladiri asal Jepang yang berkembang dengan pesat di Indonesia yang sudah mampu unjuk gigi di level internasional yaitu event Sea Games ke-26 Tahun 2011 di Jakarta dan Sea Games ke-27 Tahun 2013 di Myanmar. Dengan telah diterimanya olahraga Shorinji Kempo di kancah event Sea Games maka Indonesia yang memiliki populasi kenshi terbesar setelah Jepang, masih perlu terus berbenah dan terus melakukan pembinaan agar tidak tertinggal oleh negara lain yang baru mengenal Shorinji Kempo baik dalam segi kualitas maupun kuantitas.

Perkembangan pembinaan prestasi PERKEMI (Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia) saat ini sebenarnya sudah sangat menonjol, hal itu dapat dilihat dari kegiatan kejuaraan yang berskala nasional yang dilaksanakan secara rutin tiap tahun mulai dari Kejurnas Open, Kejurnas Antar Kota, Kejurmas Mahasiswa, dan Kejurnas Antar Pelajar serta ajang multievent seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Olahraga Provinsi/Daerah. Dengan rutinnya penyelenggaraan kejuaraan tersebut, PERKEMI dapat melihat perkembangan prestasi nasional pada tiap-tiap Pengurus Provinsi baik atlet lapis I, II dan III.

Kejurnas Kempo Antar Kota yang pesertanya diwakili Pengcab (Perkemi Pengkot/Pengkab.) merupakan salah satu agenda tetap Pengurus Besar PERKEMI (PB PERKEMI) sebagai ajang pembuktian atau tolak ukur keberhasilan pembinaan beladiri Shorinji Kempo yang dilakukan oleh Pengcab-pengcab di seluruh Indonesia. PERKEMI Cabang Kota Bogor merupakan pencetus pertama kali pelaksanaan kegiatan kejuaraan yang bersifat antar kota dan berskala nasional ini dan terbilang sukses dengan menggelar 3 (tiga) kali berturut-turut sekaligus pada tahun 2001 s/d 2003 hingga menjadi agenda PB PERKEMI sampai sekarang terus berlangsung.

Dari setiap pelaksanaan Kejurnas Antar Kota terlihat jelas animo atlet-atlet Kempo dalam keikutsertaannya dan telah menunjukkan grafik yang meningkat baik secara kuantitas maupun kualitas. Di sisi lain, kejuaraan ini juga merupakan ajang promosi bagi daerah/wilayah di kota/kabupaten, dimana kegiatan kejuaraan ini selalu melibatkan paling sedikit ± 40 kontingen Kota/Kabupaten di seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah peserta mencapai ± 600 orang kenshi/atlet Kempo. Fakta tersebut menunjukan, event Kejurnas Antar Kota masih mampu menyedot antusias masyarakat Kempo di daerah-daerah dari seluruh tanah air, sehingga eksistensinya patut terus dilaksanakan secara profesional, konsisten dan berkesinambungan.

Beranjak dari pengalaman, prestise sebagai pihak penyelenggara dan antusiasnya masyarakat Kempo daerah, telah memberikan dorongan dan motivasi kembali bagi Pengurus PERKEMI Cabang Kota Bogor pada tahun 2019 ini untuk dapat menyelenggarakan kejuaraan yang selevel dengan nama "Kejurnas Shorinji Kempo Antar Kota Beregu dan POLRI ‘Piala Kapolri’ Tahun 2019" atau disingkat menjadi Kejurnas PIALA KAPOLRI 2019 dan mengusung tema “Meningkatkan Soliditas dan Persaudaraan Demi Menjaga Keutuhan NKRI Berlandaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika”. Kemasan Kejurnas Antar Kota kali ini berbeda dengan event sebelumnya, dimana pada Piala Kapolri 2019 ini secara umum nomor yang dipertandingkan adalah nomor Beregu baik pertandingan Embu (kerapihan teknik) maupun Randori (perkelahian bebas terbatas).

Calon peserta yang akan turut andil dalam Kejurnas PIALA KAPOLRI 2019 ini tidak hanya perwakilan Perkemi Pengkot/Pengkab se Indonesia saja, pada Kejurnas kali ini kenshi dari institusi POLRI pun akan ikut terlibat. Diperkirakan sebanyak 50 Kontingen dan 850 peserta akan terlibat dalam Kejurnas kali ini.

PERKEMI Kota Bogor sebagai Panitia Penyelanggara dengan segudang pengalaman dan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni serta memiliki lokasi yang strategis, telah bertekad bulat akan menggelar Kejurnas PIALA KAPOLRI 2019 ini semaksimal mungkin dan mengelolanya secara profesional agar ajang ini semakin mampu memberikan dampak positif dan meningkatkan prestasi PERKEMI di tingkat nasional bahkan internasional. Selain itu diharapkan dapat memberikan manfaat dan momentum yang berguna bagi pihak-pihak yang bekerjasama selama penyelenggaraan kejuaraan nasional ini.


DASAR PELAKSANAAN

1.Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PERKEMI
2.Kalender Kegiatan PB Perkemi Tahun 2019
3.Visi dan Misi Perkemi Pengcab Kota Bogor Tahun 2019
4.Program Kerja Perkemi Pengkot Bogor Tahun 2019


MAKSUD DAN TUJUAN

1.Mensosialisasikan ilmu beladiri Shorinji Kempo kepada masyarakat luas, sehingga animo masyarakat untuk belajar dan mengenal lebih dalam ilmu beladiri Shorinji Kempo semakin baik.
2.Mempersiapkan alih generasi muda secara baik dan bertanggung jawab melalui olahraga beladiri Shorinji Kempo sebagai alat perekat dan pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3.Membina dan menggalang hubungan persaudaraan serta memupuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia melalui ikatan olahraga.
4.Sebagai sarana apresiasi diri bagi para kenshi-kenshi / atlet-atlet Kempo untuk menunjukan prestasi latihan olahraga beladiri Shorinji Kempo di tingkat nasional.
5.Menjalin hubungan yang harmonis antara kegiatan olahraga beladiri Shorinji Kempo cabang Kota Bogor dengan instansi pemerintah daerah, POLRI, swasta dan masyarakat olahraga lainnya.
6.Mendukung program pemerintah dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.
7.Dapat menjadi media promosi bagi sponsorship untuk kegiatan-kegiatan kempo diwaktu yang akan datang.


NAMA DAN TEMA KEGIATAN

Nama Kegiatan :
“ KEJUARAAN NASIONAL SHORINJI KEMPO ANTAR KOTA BEREGU DAN POLRI ‘PIALA KAPOLRI’ TAHUN 2019 ”

Tema Kegiatan :
“ Meningkatkan Soliditas dan Persaudaraan Demi Menjaga Keutuhan NKRI Berlandaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika ”


WAKTU DAN TEMPAT

Waktu Kegiatan:Tanggal 4 – 7 Juli 2019
Tempat Kegiatan:Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP TNI) / IPSC Sentul, di Bukit Merah Putih, Desa Tangkil, Kecamatan Citeureup, Sentul, Kab. Bogor,  Provinsi Jawa Barat

Iklan Sponsor Tunggal

Iklan Sponsor Utama

Iklan Sponsor Biasa & Lepas

Pengunjung Online

Ada 49 Tamu online