Indonesian English
Home » Tentang Shorinji Kempo » Karakteristik
Senin, 20 November 2017

6 Karakteristik Shorinji Kempo



1. Ken Zen lchinyo (Perpaduan Ken dan Zen)

Secara harfiah, 'ken' berarti 'tubuh' , dan  'zen' berarti 'hati atau  pikiran'.  Tubuh dan pikiran adalah bukan dua hal yang terpisah, tetapi satu kesatuan yang saling mempengaruhi. Tubuh dan pikiran dalam Shorinji Kempo tidak menitikberatkan ke salah satu aspek, tetapi berusaha untuk menjaga keseimbangannya.


2. Riki Ai Funi (Kekuatan dan Cinta dalam Harmoni)
Kita tidak bisa berbuat untuk orang lain apabila kita tidak memiliki kekuatan, meskipun penuh dengan kasih sayang dan kebenaran. Sebaliknya meskipun kita memiliki kekuatan yang sangat besar tetapi apabila tidak dibarengi dengan kebanggaan atau prinsip yang diyakini, kekuatan tadi tidak bisa digunakan dengan benar. Harmoni antara kekuatan dan cinta, pikiran dan kasih sayang adalah norma tindakan Shorinji Kempo.


3. Shushu Koju (Bertahan yang utama, menyerang yang kedua)
Jurus Shorinji Kempo ada untuk melindungi diri dari gangguan lawan. Karena itu, jurus menghindar diutamakan, baru setelah itu menyerang. Dengan mengkondisikan posisi bertahan, bisa membedakan kondisi lawan dengan tenang dan bisa menyerang dengan efektif.


4. Fusatsu Katsujin (Bukan untuk membunuh, tapi melemahkan)
Jurus Shorinji Kempo bukan untuk melukai orang lain tapi untuk melindungi diri dan orang lain. Jurus Shorinji Kempo diperuntukkan agar kita bisa merasakan kemampuan terpendam dalam diri kita dan agar kita bisa merasakan senangnya berkembang.


5. Go Ju Ittai (Kekuatan dan kelembutan dalam sebuah lingkaran)
Selain memiliki jurus serangan seperti tsuki, keri, Shorinji Kempo juga memiliki jurus bertahan seperti uke, kawashi. Selain memiliki teknik keras "goho" seperti menggenggam pergelangan tangan, mencekal pakaian, Shorinji Kempo juga memiliki teknik lembut "juho" seperti nuki, nage. Goho dan juho saling melengkapi sehingga menimbulkan efek yang berlipat-lipat.


6. Kumite Shutai (Berlatih berpasangan adalah utama)
Aturan dasar Shorinji Kempo adalah berlatih berpasangan. Hal ini adalah teknik untuk melatih kita agar bisa memberi respon dengan fleksibel terhadap lawan. Bersamaan dengan itu kita akan merasakan kesenangan berlatih dan maju bersama.

 


Profil Perkemi

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Data Kenshi

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Komunitas

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Alamat Perkemi

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Advertisement

geokuliner memetakan lidah